Kuliner Danau Ranau "Sambol Matah Iwa Nila"


Salah satu wisata kuliner yang sudah terkenal dan melegenda di kawasan Danau Ranau ini yaitu "Sambil Matah". Bagi yang sudah pernah berkunjung ke Danau Ranau dan tidak mencicipi masakan khas ini akan sangat menyesal sekali, apalaigi di santap di pinggir danau yang suhu udaranya sangat sejuk.

Sambol matah Iwa Nila yaitu masakan khas daerah Danau Ranau yang terbuat dari sambal mentah di tambah Ikan Nila yang merupakan ikan air tawar. Sambalnya tidak digoreng di penggorengan hanya di ulek dari campuran cabe, bawang, cungkedire atau tomat juga boleh tapi rasanya kurang enak kalau dengan tomat. Kemudian ikan Nila yang telah di bakar di tumbus diatas pengulekan tadi tapi tidak sampai hancur hanya untuk meratakan daging ikan dengan sambal yang terdapat pada ulekan.

Jika maka dengan masakan ini, jangan lupa ditambah dengan lalap-lalapan yang merupakan teman sejati dari menu makan satu ini hehe.

Ayo tunggu apa lagi, berkunjunglah ke Danau Ranau dan nikmati objek wisata alam yang masih alami belum terjamah oleh tangan manusia jahil dan nikmati wisata kuliner yang ada disana. Saya jamin, anda pasti akan ketagihan untuk kembali kesana lagi apalagi kata orang tua dahulu, jika pengunjung sudah pernah mandi dengan air  danau, biasanya dia akan selalu kangen untuk berkunjung kedua, ketiga dan seterusnya.

Comments

Popular Posts