Serunya Libur Lebaran ke Danau Ranau

Lagi dan lagi saya mengumpulkan informasi bagaimana pandangan mereka setelah berkunjung ke Danau Ranau. Sama halnya dengan pengunjung yang lainnya, disini Sandar pun terkejut setelah mengetahui seperti apa kondisi dan lokasi Danau Ranau.

Saya kutip langsung dari blog Sandra dan isinya kurang lebih seperti ini:
Kali ini cerita liburan dari pulau Sumatera! Sebelum ke Danau Toba, gw sempat diajak liburan ke Danau Ranau (kalau Hai-hai mah udah sering, dari kecil hampir setiap Lebaran ke sini). Pas dengar Danau Ranau, apaan tuh? Maklum, taunya Danau Toba. Ternyataaa, danaunya besar dan besar! Balik-balik dari sana, pas lagi cari-cari info, gw baru tau kalau Danau Ranau ini danau kedua terbesar di pulau Sumatera. Berdasarkan data, luas danau ini 125,9 km2 (bandingkan dengan luas Danau Toba: 1.130 km2).

Gw sempat ke sana pas libur Lebaran tahun 2012. Setelah 4 jam perjalanan darat yang lumayan seru (jalannya berkelok-kelok dan nggak ada pembatas di luarnya). OOT dikit, kalau menurut gw lebih serem jalan ke Danau Ranau, kalau menurut Hai-hai lebih seram jalan dari Danau Toba ke Brastagi, padahal ada pembatas jalannya. Tikungannya lebih curam soalnya, bentuk huruf U, hiiiii :P 

Pulau di Tengah Danau 

Kalau Danau Toba punya Pulau Samosir, Danau Ranau punya Pulau Marisa. Di sini ada pemandian air panas dengan campuran belerang. Memang sedikit bau, tapi lama-lama di sana hidung kita bakal terbiasa kok. Cocok buat cewek-cewek yang mau punya kulit wajah mulus, gak perlu repot-repot pakai sabun sulfur, rajin-rajin berendam aja pas di sini ;)

Penginapan

Di Danau Ranau, kita nginapnya di penginapan milik PT Pusri, kisaran harga penginapan dalam bentuk villa-villa. Kalau mau dapat yang dekat dengan danau harus pesan jauh-jauh hari  karena terbatas:

    Low season: 100.00-150.000
    High season: 500.000-700.000

Fasilitasnya gimana?

    AC = nggak ada karena nggak perlu, dingin banget
    Air panas? Sekali-sekali mandi air dingin – segerrrr!!
    Jangan lupa bawa selimut tebal
    Makan pagi ada (nasi goreng kalau ga salah)
    1 villa boleh diisi rame-rame? Boleh banget!

Selain penginapan PT Pusri, ada juga beberapa kompleks penginapan lain yang bisa Anda pilih.

Berikut foto kompleks penginapan di pinggir danau Ranau milik PT Pusri. Atapnya memang udah mulai tua dan berubah warna.



Lokasi Danau Ranau

Sebelum membahas keindahan Danau Ranau lebih lanjut, kita lihat dulu posisi danau ini di peta.  Bisa dibilang, danau ini terletak di antara perbatasan provinsi Lampung dengan Sumatera Selatan. Danaunya yang bulatan biru kecil di peta berikut:


Kita ke sini dari Baturaja, melewati Muara Dua, baru deh sampai ke Danau Ranau. Buat yang dari Lampung juta bisa langsung ke arah utara. Durasi perjalanan sekitar 4 jam. Kalau dari palembang, 8-9 jam perjalanan. Kalau dari Bandar Lampung, ada yang bisa bantu?

Pemandangan di Sekitar Danau

Berenang di danau-nya, kita jalan keluar sedikit dari kompleks PT Pusri, cari tempat yang agak sepi. Kalau di kompleks milik PT Pusri ini rammmeee bangett, apalagi lagi libur Lebarang. Banyak penjual makanan tradisional dan mainan anak-anak di sini.

Sebelum berenang, ayo kita beraksi foto-foto dulu, mumpung dapat spot bagus buat foto:


Abis berenang, kita iseng-iseng berburu alpukat dan buah kersem. Alpukatnya bagus-bagus dan menggoda hati. Belum masak sih, tapi kan masih buat makan nanti. Kita juga bisa cari penduduk lokal yang punya kebun alpukat, yang mau jual alpukatnya ke turis kayak kita. Bagus-bagus dan murah-murah, dibandingkan kita berburu di pasar.

Berburu alpukat:


Nyebrang ke Pulau Marisa Yuk
Dari pinggir danau, kita bisa nyebrang ke pulau Marisa, di sini ada pemandian air sulfur.  Nyebrangnya bisa beli naik kapal nelayan rame-rame, atau charter sekalian (pulang-pergi). Sistemnya, pas berangkat kita ingat-ingat nama kapal kita apa. Nanti pas mau pulang, kita tunggu kapal tsb ada di pelabuhan untuk membawa kita kembali ke penginapan. Mirip dengan di Danau Toba, bedanya kalau di Danau Toba pakai kapal ferry dan kapalnya ini nungguin kita. Waktunya jadi agak terbatas,

Pemandangan danau ketika nyebrang (kita dateng ke arah gunung):
Foto-foto di kolam pemandiannya:
Untuk kamar mandinya, keliatannya gak begitu bersih – yg penting ada aja. Kalau mau mandi, mending pas udah sampai di penginapan aja  :)

Sekian cerita dari teman kita Sandra. Tertarik liburan ke Danau Ranau tapi bingung atur penginapan dan transportasi? Hubungi kami dan kita akan bantu kamu merancanakan liburan di pulau Sumatera bagian selatan ini ;)

Comments

Popular Posts